Bimbingan Thesis Residensial

 

BIMBINGAN THESIS RESIDENSIAL (BTR)

Kegiatan Bimbingan Thesis Residensial (BTR) 2 bagi mahasiswa S2 MM Reguler UPBJJ-UT Kupang a.n. Else Theodora Hayer NIM 500953791 telah dilaksanakan hari Kamis 30 September 2021 pada pk. 10.00 s.d. 10.45 WIB dan dilanjutkan pk. 12.30 s.d. 13.00 WIB, yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) menggunakan Ms. Teams. Judul Penelitian yang diajukan adalah “Analisis Faktor-Faktor Keuangan Yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Periode 2015 – 2019)”.

Hadir dalam BTR2 ini adalah Pembimbing 1 Dr. Ir. Mahyus Ekananda Sitompul, M.M., M.S.E., Pembimbing 2 Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E, M.Si., Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd., PJ S2 UPBJJ-UT Kupang Yusinta N. Fina, S.Sos., M.Si., Dosen FE UT Pusat (3 orang), dan Dosen FE UPBJJ-UT Kupang (1 orang).

Dalam proses pembimbingan Catatan masukan perbaikan dari Dr. Mahyus ada pada Bab Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan saran, serta Daftar Pustaka. Catatan meliputi: Tujuan Penelitian untuk menjawab keraguan tentang pengaruh beberapa variabel terhadap Stuktur Modal, Manfaat agar tidak terlalu luas mengembangkan teori dan konsep tetapi untuk memberi informasi, tata cara penulisan agar sesuai pedoman penulisan, hindari copy paste dengan cara melakukan pengetikan sendiri dan menggunakan bahasa sendiri, melakukan uji turnitin untuk cek index smilarity, membuat ulasan yang bersifat manajerial pada pembahasan dengan mengacu ke konsep yang ada bukan hanya menuliskan angka statistika tanpa penjelasan detail, Kesimpulan agar berdasar pembahasan, serta Saran agar dikaitkan dengan Manfaat.

Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. juga mengingatkan mahasiswa agar tulisan diperiksa kembali untuk menghidanri kesalahan teknis, seperti salah ketik maupun salah penyajian table.  Power point sebaiknya dibuat yang bagus, jangan terlalu ramai dan penuh sehingga kurang enak dilihat.  Laporkan  dilaporkan ke pembimbing agar diketahui apakah sudah benar, usahakan  perbaikan penulisan jangan terlalu lama agar bisa maju ujian sidang sesuai waktu.

Prof. Ali dalam catatamya mengingatkan masih ada kesalahan tata cara penulisan yang belum sesuai Pedoman Penulisan TAPM. Pada bagian Pembahasan, mahasiswa diminta agar penjelasan dibuat dengan memperhatikan hasil-hasil penelitian terdahulu.

Mahasiswa Else menyatakan terima kasih atas saran masukan dari Pembimbing 1, Pembimbing 2, dan Direktur UT Kupang, serta berjanji untuk memperbaiki sesuai catatan agar dapat maju ke tahap selanjutnya yaitu ujian sidang.

Tags: