Meningkatkan Kualitas Belajar Melalui Klinik Belajar Online

 

MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MELALUI KLINIK BELAJAR ONLINE

Pada hari Kamis, 14 Oktober 2021, UPBJJ-UT Kupang telah melaksanakan kegiatan Klinik Belajar kepada para mahasiswa.  Kegiatan dilaksanakan secara webinar melalui aplikasi Microsoft Teams, berlangsung selama 2 30 menit, mulai  dari pk. 13.00 s.d. 15.30 dengan dikutii oleh 634 mahasiswa.  Materi kegiatan webinar adalah penjelasan mengenai pelaksanaan tutorial, praktik praktikum, pemanfaatan bahan ajar, serta mensimulasikan penggunaan berbagai aplikasi yang digunakan. 

Kegiaatan dibuka oleh Direktur UT Kupoang Drs. Yos Sudarso, M.Pd., dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Penanggung jawal tutorial Ibu Bulkis, ST.P, M.Si., dan Moderator Yeni Magdalena Lapebesi.

Kegiatan klinik belajar ini sudah rutin dilakukan setiap semester sebelum dimulaina tutorial.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan strategi mengerjakan tugas dalam menghadapi ujian. Mengingatkan kembali kepada mahasiswa lama  tentang tata cara pelaksanaan menggunakan berbagai apikasi pembelajaran untuk memudahkan akses mahasiswa dalam kegiatan belajar. Kegiatan ini diikuti  mahasiswa semester berjalan juga   ada mhs baru.

Pada pemaparannya, Ibu Bulkis mengawali dengan mengingatkan mahasiswa akan pentingnya memperhatikan informasi yang disampaikan oleh Penanggung Jawab Wilayah (PJW) maupun tutor, terkait jadwal dan informasi penting yang disampaikan melalu wa grup, agar mahasiswa aktif berkomunikasi dengan teman serta dengan tutor, juga PJW apabila mengalami kendala.

Pada pertemuan ini disampaikan juga Ketentuan kehadiran mahasiswa dalam tutorial minimal 5 kali, agar bisa mendapat nilai baik  tutorial dan praktik/berpaktik/praktikum.  Selain itu Ibu Bulkis  mengingatkan mahasiswa bahwa pada semester yang lalu, masih ditemukan mahasiswa yang tidak mencapai jumlah kehadirian minimal 5 kali pertemuan. Apabila ada mahasiswa yang mengikuti tutorial kurang dari 5 kali pertemuan, maka mahasiswa tersebut tidak akan  mendapat nilai. 

Antusias mahasiswa yang begitu tinggi, banyak mhaisswa yang bertanya, baik secara langsung maupun melalui chat, menunjukkan kesungguhan mahasiswa.  Adapun pertanyaan yang diajukan waktu pelaksanaan tutorial, yaitu  Sabtu 16 Oktober 2021-Ragam jenis tugas mata kuliah praktik/berpraktik yaitu itu menunjukkan video pembelajaran, foto, berkas-berkas lain sesuai dengaan penugasan tutor, berapa besar file yang bisa diunggah, Ukuran Maksimal file 5 MB. Apakah mahasiswa bisa ikut tuton jika telah aktivasi tuton, apakah mata kuliah yang ada di LMS adalah yang  berkode T dan bagaimana cara memperoleh bahan ajar. 

Sebelum penutupan, Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. mengingatkan mahasiswa untuk memperhatikan semua ketentuan poelaksnaan tutorial dan praktik praktikum, agar tidak mengalami kendala saat pelaksanaananya.

Tags: