Pengabdian Kepada Masyarakat

 

Berita Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Penghijauan

UPBJJ-UT Kupang baru saja melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen dengan judul “Penanaman Jenis Pohon Buah Komersial Untuk Penghijauan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang” pada hari Sabtu 2 Oktober 2021.  Kegiatan PkM Dosen ini dilakukan oleh para Dosen UPBJJ-UT Kupang sesuai dengan penugasan dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka. Pada pertemuan tersebut, kegiatan yang dilakukan berupa penjelasan program secara tatap muka, setelah sebelumnya dilakukan melalui zoom pada tanggal 22 September 2021 lalu. Kendala jaringan saat zoom, membuat tidak semua dari warga dapat hadir. Disamping itu, ada juga sebagian warga yang ikut tetapi tidak dapat hadir secara penuh karena terkendala jaringan. Sehingga penjelasan program dilakukan kembali ke warga dalam bentuk tatap muka, bertempat di rumah Ketua RT Pak Dominggus Djo, S.H. 

Bibit tanaman yang kami siapkan adalah jenis buah komersial seperti Lengkeng, Alpukat, Durian, Rambutan, Jambu Kristal, dan Mangga.  Petunjuk budidaya tanaman dalam bentuk cetak, telah kami gandakan dan berikan kepada warga.  Disamping itu, alat-alat kerja seperti linggis, cangkul, sekop, dan ember telah dbagikan kepada warga.

Sebelum pertemuan, Pak RT mengajak Tim PkM UT Kupang untuk berkeliling, melihat perkembangan penanaman bibit mangga, yang merupakan hasil PkM tahun 2020 lalu, serta menunjukkan beberapa lahan warga yang rencana akan dijadikan lokasi penghijauan di tahun 2021 ini.

Ketua RT 025 dan warga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari UPBJJ-UT Kupang melalui program PkM penghijauan ini, yang sudah dimulai dari tahun lalu, dan dirasakan besar manfaatnya bagi warga. Kebutuhan akan suasana hijau dan disertai pohon buah dirasakan penting oleh warga, mengingat suhu panas kering dan berdebu yang dialami di Kota Kupang. Untuk keberhasilan program ini, Pak RT mengajak para warga memanfaatkan sebaik-baiknya Program PkM ini dengan melakukan penanaman secara baik, dan terutama terus merawatnya agar bertumbuh dengan baik.  Disamping penanaman di perumahan warga, penanaman direncanakan juga di lahan-lahan umum yang berada di areal RT 025 yatu areal jalan masuk, lokasi SMP Beringin dan SMA Beringin, serta lokasi Gereja GMIT Sion Oepura.

Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. mengatakan Program PkM Penghijauan ini telah belangsung 2 tahun dan ini adalah jenis PkM Dosen.  Apabila masyarakat merasakan bahwa PkM dibutuhkan kembali pada tahun depan, maka kami akan membuat PkM dalam skema Nasional, yang mana cakupannya lebih besar daripada PkM Dosen, sehingga bisa menjangkau RT lain dan atau dalam lingkup 1 RW. UPBJJ Kupang siap membantu mengatasi kendala dan kesulitan warga, sesuai bidang keilmuan yang dimiliki oleh para dosennya, sebagaimana fungsi dan tujuan PkM. Sementara itu Ketua Tim PkM Penghijauan Pak Wise Rogate, menyatakan bahwa meskipun PkM ini secara anggaran dilakukan per tahun, namun Tim PkM tetap siap untuk mendampingi dan memberikan konsultasi kepada warga apabila dalam pertumbuhannya di tahun-tahun berikut, ada kendala yang dialami. Untuk itu UPBJJ juga akan tetap memantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman penghijauan ini, agar tetap berjalan dan mencapai tujuannya yaitu peningkatan kualitas lingkungan dan kesejahteraan warga.

Pada pertemuan penjelasan program ini, dilakukan juga penyerahan secara simbolik alat kerja dari Direktur UT Kupang ke salah seorang warga. Alat kerja berupa linggis, sekop, cangkul, gagang cangkul, dan ember. Kemudian Pak RT melakukan pembagian alat kerja ke warga. Pak RT mengharapkan warga segera melakukan penggalian, agar penanaman sudah dapat dilakukan 2 minggu kemudian.

Tags: