Webinar Jurnalisme Berbasis Data

 

JURNALISME BERBASIS DATA "UPBJJ UT Kupang"

Dalam rangka mendukung upaya peningkatan karakter, kreatifitas, dan pengembangan diri mahasiswa, UPBJJ-UT Kupang menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan berupa webinar bertema Jurnalisme Berbasis Data”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Oktober 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan UPBJJ-UT Kupang ini, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Ir. Adi Winata, M.Si. dan juga diikuti oleh 164 mahasiswa yang tersebar di seluruh pelosok Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pembicara pada webinar ini adalah Stevie Johannis, Kepala Pusat Data dan Informasi Harian Umum Victoy News yang juga mahasiswa UPBJJ-Kupang. Kegiatan webinar ini dibuka oleh Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd., dan dipandu oleh pembawa acara Lindriyani Mangi.

Pemilihan topik ini tidak terlepas dari semakin pentingnya peranan jurnalisme di era informasi yang berkembang cepat saat ini. Dengan pembicara yang kompeten di bidangnya, maka kegiatan webinar ini memiliki manfaat ganda, yaitu disamping sebagai wadah pembentukan karakter mahasiswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri, kreatif, inovatif, dan juga sebagai media mendiseminasikan peranan penyajian data pada kegiatan jurnalisme.

Sementara sambutannya Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Ir. Adi Winata, M.Si. mengapresiasi kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan UPBJJ-UT Kupang, serta juga mengapresiasi kesediaan mahasiswa mendiseminasikan pemikirannya pada webinar ini. Serta menyatakan sudah tepat mahasiswa ini memilih kuliah di UT.

Dalam pemaparannya, Stevie Johannis mengawali dengan menjelaskan definisi jurnalisne yaitu kegiatan mengumpulkan berita dalam memproduksi sebuah surat kabar. Artinya, jurnalisme adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang wartawan. Tahapan kegiatan di antaranya adalah: (1) Menyusun hipotesis latar belakang masalah, (2) Menyusun list pertanyaan yang memuat masalah dampak, penyebab, dan solusi, (3) Melakukan analisis data, (4) Wawancara sumber, (5) Visualisasi kondisi lapangan atau sumber. Mengingat dasar dari sebuah berita adalah data, maka kemampuan mengolah data, serta menggunakan Tool’s olah data dan Tool’s visual data adalah penting. Stevie mengungkapkan bahwa saat ini pekerjaan jurnalisme menjadi penting terkait dengan membanjirnya informasi, sehingga dibutuhkan keahlian dalam menyajikan data yang akurat. Dengan demikian jurnalis yang kompeten, andal, dan terpercaya akan menjadi kebutuhan.

Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab. Banyaknya mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini, serta beberapa pertanyaan yang diajukan, kiranya menjadi petunjuk kesungguhan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiwaan ini. Kegiatan ini dtutup oleh Direktur UT Kupang Drs.Yos Sudarso, M.Pd. Pak Yos mengajak para mahasiswa lainnya kiranya bisa memetik manfaat dari kegiatan ini, baik untuk sarana pengembangan diri, maupun untuk berkiprah dibidang jurnalisme yang memiliki prospek menjanjikan.

 

by. Wise Rogate & Erni Aufengo