UPBJJ-UT  KUPANG
Making Higher Education Open to All

Layanan Bahan Ajar


bahan-ajar.jpg

 

A. JENIS BAHAN AJAR
Bahan ajar dirancang secara khusus agar dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Bahan ajar utama UT adalah bahan ajar cetak yang berupa buku Bahan Materi Pokok (BMP). Selain BMP, bahan ajar cetak dapat berbentuk Buku Petunjuk Praktek dan Praktikum, Suplemen BMP, atau referensi lainnya. Di samping bahan ajar cetak, UT juga menyediakan bahan ajar tambahan yang berupa bahan ajar non-cetak yang berbentuk kaset audio, CD audio, CD audiografis, CD video, CD video interaktif, bahan ajar berbantuan komputer, dan web supplement yang merupakan satu kesatuan dengan BMP. Namun, tidak semua BMP dilengkapi dengan bahan ajar tambahan.

 

B. CARA MEMPEROLEH BAHAN AJAR
Bahan ajar bagi mahasiswa Pendas, baik mahasiswa yang menerima beasiswa maupun swadana, akan dikirim ke alamat mahasiswa melalui UPBJJUT di mana mahasiswa registrasi. Bagi mahasiswa Non-Pendas mulai masa registrasi 2008.2 BMP tidak lagi dapat diperoleh melalui UPBJJ di seluruh Indonesia. Namun, BMP hanya dapat diperoleh melalui internet (misalnya warnet dsb.) dengan membuka situs toko buku online dengan cara ketik http://ebook.ut.ac.id atau melalui http://www.ut.ac.id (disarankan menggunakan internet explorer atau Mozila fire fox). Untuk memperoleh informasi tentang ketersediaan, harga, biaya, dan cara pengiriman, serta pembayaran BMP tersebut, mahasiswa dapat menghubungi Koperasi Karunika di UT-Pusat.

 

C. PANDUAN PEMBELIAN BAHAN AJAR DI TOKO BUKU ONLINE
Mahasiswa Non-Pendas dapat memesan bahan ajar dengan cara:

1. Buka situs Toko Buku Online UT dengan cara ketik: http://ebook. ut.ac.id.
(disarankan menggunakan Internet explorer atau Mozila firefox).

2. Baca tulisan pada layar lalu tunjuk (klik) tulisan membuat account baru untuk mengisi identitas Anda (bagi yang belum mempunyai account).

3. Isi formulir dengan cara ketik semua data yang diminta, kemudian klik proses.

4. Bacalah dengan saksama tulisan pada layar komputer dan ikuti langkahlangkah yang harus dilakukan untuk melakukan pembelian.

5. Apabila ingin mengetahui lebih banyak tentang Toko Buku Online silakan klik Panduan Berbelanja Toko Buku Online UT yang tertera pada halaman awal saat Anda membuka:http://ebook.ut.ac.id.

 

D. PEMBAYARAN
Setelah mahasiswa melakukan transaksi pemesanan bahan ajar melalui Toko Buku Online, selanjutnya mahasiswa membayar total harga bahan ajar yang dipesan dan ditambah dengan ongkos kirim melalui BANK MANDIRI Cabang Pondok Cabe, ke Nomor Rekening: 128-0004886351 atas nama Toko Buku Karunika Universitas Terbuka selambat-selambatnya 6 hari setelah melakukan pemesanan. Apabila dalam waktu 6 hari setelah melakukan pemesanan tidak menyetor/transfer maka transaksi pemesanan yang telah dilakukan akan dihapus dan dianggap batal. Pemesanan bahan ajar yang telah lunas, akan kami kirim ke alamat pemesanan melalui jasa PT Pos Indonesia (Persero) atau perusahaan jasa pengiriman lainnya.