UPBJJ-UT  KUPANG
Making Higher Education Open to All

Pendaftaran Tugas Akhir program (TAP)


logo-ut.pngTAP diselenggarakan bagi mahasiswa program sarjana (S1) menjelang penyelesaian studinya, dengan tujuan untuk memverifikasi penguasaan secara komprehensif terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Keterangan lengkap tentang TAP dapat dilihat pada Buku Petunjuk Pendaftaran TAP yang terdapat dalam Berkas Pendaftaran TAP.


1. Persyaratan Akademik
a. Untuk Mahasiswa FMIPA, FISIP, dan FEKON:
1) Telah lulus sejumlah mata kuliah (minimal n-19 sks); n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi.
2) IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19 sks).
b. Untuk Mahasiswa FKIP-UT Program Non-Pendas:
1) Telah lulus sejumlah mata kuliah (minimal n-19 sks); n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi.
2) IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19 sks).
3) Telah lulus mata kuliah:
a) IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas kecuali bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris;
b) PBIS4304 - Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan PBIS4401 Research in ELT bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Inggris;
c) PBIN4304 – Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Indonesia;
d) Praktikum dengan nilai minimal C bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia (lihat kurikulum masing-masing program studi).
Khusus untuk mahasiswa Program Pendas, persyaratan ujian TAP sejak 2009.2 adalah sebagai berikut.
1) Sudah menempuh ujian semua paket (tidak ada paket yang bolong) dari semester 1-9 untuk Program Studi S1 PGSD atau semester 1-8 untuk Program Studi S1 PGPAUD.
2) Telah lulus mata kuliah IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas (minimal D).

2. Cara Pendaftaran TAP
Pendaftaran TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan prosedur sebagai berikut.
a. Program Non-Pendas
1) Membeli berkas registrasi TAP di UPBJJ-UT dan mempelajari buku Petunjuk Pendaftaran TAP.
2) Mengisi TBS-UT dan membayar biaya TAP melalui Kantor Cabang Bank BRI, Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, atau SOPP Bank BTN yang sudah online, serta melengkapi persyaratan sebagai berikut.
a) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi.
b) Fotokopi SK Alih Kredit (bila ada).
c) Surat Keterangan Mengajar (khusus FKIP).
d) Menyerahkan berkas pendaftaran TAP ke UPBJJ-UT paling lambat pada tanggal batas akhir registrasi.
e) Menerima bukti pendaftaran TAP dari UPBJJ-UT.
3) Bagi mahasiswa peserta TAP yang tidak lulus dan akan mengulang pada semester berikutnya tidak perlu membeli formulir pendaftaran TAP, tetapi cukup membayar biaya TAP dengan menggunakan TBS-UT.
Jika persyaratan pendaftaran TAP tidak dipenuhi, maka berkas pendaftarannya akan dikembalikan kepada mahasiswa dan dapat dipergunakan untuk pendaftaran TAP pada masa registrasi berikutnya.

 

b. Program Pendas
Mahasiswa program S1 PGSD semester 10 dan S1 PGPAUD semester 9 (yang secara akademik telah memenuhi persyaratan TAP) secara otomatis diikutkan sebagai peserta TAP. Apabila pada semester tersebut belum memenuhi syarat akademik, maka diberi kesempatan hanya satu semester berikutnya secara gratis. Mahasiswa yang tidak lulus TAP dan yang bersangkutan akan mengulang TAP, atau bagi mahasiswa yang baru pertama kali akan mengikuti TAP setelah dua semester dari yang seharusnya, wajib melakukan pendaftaran TAP. Mahasiswa yang akan mengulang TAP harus melakukan registrasi cukup dengan menggunakan TBS-UT dan membayar biaya TAP di Kantor Cabang Bank BRI, Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, atau SOPP Bank BTN yang sudah online.