UPBJJ-UT  KUPANG
Making Higher Education Open to All

Praktek & Praktikum


praktikum.jpg

 

A. JENIS
Beberapa mata kuliah yang ditawarkan UT merupakan mata kuliah yang mewajibkan praktek dan/atau praktikum. Kegiatan praktek atau praktikum dilaksanakan di bawah bimbingan instruktur. Pelaksanaan praktek atau praktikum dapat dilakukan mahasiswa secara individu atau kelompok dengan menggunakan fasilitas kit atau laboratorium yang ada di lingkungannya. Kegiatan praktek dan praktikum ini dibedakan dalam 4 kategori mata
kuliah sebagai berikut.
1. Mata kuliah praktek yaitu mata kuliah yang nilai akhirnya hanya ditentukan oleh nilai yang diperoleh dari hasil kegiatan praktek.
2. Mata kuliah praktikum yaitu mata kuliah yang nilai akhirnya hanya ditentukan oleh nilai yang diperoleh dari hasil kegiatan praktikum.
3. Mata kuliah berpraktek yaitu mata kuliah yang nilai akhirnya ditentukan oleh nilai praktek dan UAS.
4. Mata kuliah berpraktikum yaitu mata kuliah yang nilai akhirnya ditentukan oleh nilai praktikum dan UAS.


B. PELAKSANAAN
Pelaksanaan praktek dan praktikum dikoordinasikan oleh UPBJJ-UT. Praktikum dilaksanakan di sentra-sentra praktikum (sekolah, perguruan tinggi, atau institusi lain) yang memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi
persyaratan. Kegiatan praktikum dilakukan dengan model kemitraan. Bagi mahasiswa Program Non-Pendas FKIP UT, laporan praktikum agar diserahkan atau dikirim ke UPBJJ-UT tempat di mana mahasiswa registrasi. Agar praktikum dapat dilaksanakan dengan baik, mahasiswa diharuskan menghubungi UPBJJ-UT terlebih dahulu. Penjelasan yang lebih rinci tentang praktikum diatur dalam panduan tersendiri.