PENINGKATAN KUALITAS RISET MAHASISWA MELALUI BIMBINGAN THESIS  RESIDENSIAL (BTR) 1 PERIODE 2022.1*

 

Mengawali tahun 2022, UPBJJ-UT Kupang melakukan kegiatan Bimbingan Thesis Residensial (BTR) 1 pada hari Selasa, 18 Januari 2022. BTR 1 adalah merupakan seminar proposal penelitian, di mana para mahasiswa mempresentasikan proposalnya untuk mendapat masukan dari Pembahas Ahli, Pembimbing 1, dan Pembimbing 2, agar memiliki bentuk yang layak dan memenuhi kaidah keilmuan, sebelum mahasiswa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pengambilan data dan juga pengolahan data.

Pada kegiatan BTR 1 ini, jumlah seluruh peserta adalah 8 mahasiswa, yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu Kelas A dan B dengan masing-masing berjumlah 4 peserta. Disamping Pembahas Ahli, Pembimbing 1, Pembimbing 2, yang juga ikut hadir adalah Ketua Program PPs–MAP UT,  Direktur UT Kupang, PJ S2 UPBJJ Kupang, Dosen UT Pusat , dan Dosen UPBJJ-UT Kupang. 

Kegiatan BTR 1 dimulai pk. 10.00 WITA, diawali dengan sambutan dari Dr. Darmanto, M.Ed. selaku Ketua Pascasarjana Hukum, Sosial, dan Politik dan Mengelola Program Magister Administrasi Publik pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Drs. Yos Sudarso, M.Pd. selaku Direktur UT Kupang.  Selanjutnya kegiatan terbagi 2  kelas yaitu kelas A dan B.  Peserta pada Kelas A adalah Heribertus Dama Nggilik, Endang Titik Megawati, Dominggus Bulu Ngongo, Salitha Santani, dengan Pembahas Ahli Prof. Dr. Endang Wirjatmi, TL., M.Si., Pembimbing 1 adalah Dr. Petrus Kase, M.Soc.Sc., Dr. Nursalam, M.Si., Pembimbing 2 adalah Dr. Agus Susanto, M.Si., Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si., serta Moderator Yusinta Natalia Fina, S.Sos., M.Si. Sedangkan peserta Kelas B adalah mahasiswa atas nama Samuel Gesi, Rotua Romauli Yetty Erawati Butar Butar, Raymond Leopold Kido Dena, Sunarmi, Pembahas Ahli adalah Prof. Dr. A. Aziz Sanapiah, M.PA., Pembimbing 1 adalah Dr. Apriana H.J. Fanggidae, S.E., M.Si., Dr. Laurensius P. Sayrani, S.Sos., M.P.A., Dr. Adjis Salim Adang Djaha, M.Si., Pembimbing 2 Dr. Heri Wahyudi, S.Sos., M.Si,, Aminuddin Zuhairi, Ph.D, Dr. Sardjijo, M.Si., dengan Moderator Wise Rogate Silalahi, S.Hut., M.M.

Kegiatan  BTR 1 berjalan lancar. Semua mahasiswa hadir mempresentasikan proposalnya, dan mendapat masukan perbaikan. Salah satu masukan adalah agar mahasiswa memperhatikan larangan plagiasi, di mana sesuai ketentuan, hasil cek turnitin pada indeks kesamaan, nilai maksimal yang diperbolekan adalah 30 %. Mahasiswa diharapkan memiliki motivasi dan semangat tinggi untuk cepat memperbaiki catatan ini, agar dapat melanjutkan ke pengambilan data, pengolahan data, serta melaksanakan BTR 2 yang merupakan seminar hasil, sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Pada kalender akademik PPs,  BTR 1 dilaksanakan di minggu ke-2, sementara BTR 2 pada minggu ke-11, atau 9 minggu kemudiian. Kegiatan BTR 1 ini berakhir pada pk. 15.00 WITA.

* Oleh: Wise Rogate

btr1.png

 

Gambar 1  Pembukaan BTR 1 Periode 2022.1 oleh Direktur UT Kupang

 

btr2.png

Gambar 2.  Presentasi Mahasiswa Kelompok B pada kegiatan BTR 1 Periode 2022.1

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp