Kegiatan Rapat  Kerja Pengurus Pokjar Tahun 2022

Dalam rangka evaluasi kegiatan yang telah dilakukan selama 1 tahun, penyampaian kebijakan terbaru, dan sosialisasi rencana kegiatan di tahun mendatang kepada para pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) yang menupakan mitra UT di lapangan, UPBJJ-UT Kupang melakukan kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kelompok Belajar (Pokjar) bertempat di Kantor UPBJJ pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Rapat kerja ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan oleh UT. Tema untuk Rapat Kerja ini adalah Membangun SDM Yang Tangguh dan Berkualitas Menuju Universitas Terbuka Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Hal ini terkait dengan status UT yang saat ini sedang dalam proses peningkatan dari BLU ke PTN BH. PTN BH memiliki arti penting dalam hal unggul, dan berdaya saing, kreatifitas, inovatif, untuk meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi, Salah satu indikator keberhasilan sebuah PTN BH adalah bertambahnya jumlah mahasiswa.  Untuk itu perlu ada kesatuan gerak, komitmen, tekad. SDM sebagai unsur pelaksana kegiatan, memilki arti strategis. SDM yang tangguh, berkualitas, dan unggul tentu akan  menjadi faktor penting dalam pelaksanaan ini.

Kegiatan raker dimulai pk.08.00 wita, diikuti oleh 32 Pengrurus Pokjar dari total 37.  Kegiatan dibuka oleh Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. Pak Yos menjelaskan tujuan dari raker ini. Sejalan dengan status UT yang sedang bergerak menuju PTN-BNH, yang mana perlu ada penyesuaian gerak dan langkah, untuk menjawab tantangan ke depan.

Sesi berikutnya adalah pemberian motivasi oleh Pengusaha Muda yang sukses yaitu Yusak Viktor Benu, S.E., M.M, pemilik beberapa perusahaan, dan juga memegang jabatan sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kota Kupang, Wakil Ketua Kadin NTT. Pak Yusak membagikan kiat-kiatnya menjadi Pengusaha Sukses, yang dapat dijadikan bahan memotivasi para pegawai UT dan juga Pengurus Pokjar, khususnya dalam upaya berkompetitif menuju PTN-BH.  Dimulai dari sharing pengalaman pribadi, jatuh kemudian bangkit, Pak Yusak menyampaikan bahwa kesuksesan membutuhkan waktu dan tidak bisa instan. Namun ada beberapa hal pokok yang harus dilakukan agar berhasil. Di antaranya keluar dari zona nyaman, berorientasi memberi bukan menerima, percaya kepada tuntunan Tuhan, ramah, bergaul dengan orang yang sukses, jujur, dan membangun kepercayaan (trust). Jika telah sukses dalam suatu usaha - Pak Yusak menceritakan – akan memberikan kepada orang lain untuk memimpin, dengan Pak Yusak sebagai pengendali. Kemudian Pak Yusak berkonsentrasi membuka usaha baru, mengembangkannya, dan jika telah sukses, kembali mendelegasikan. Pak Yusak menyampaikan bahwa kemampuan akademik bukanlah mutlak, tetapi tekad, kejujuran, akan membuka jalan menuju sukses.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan dari Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudaro, S.Pd. Pak Yos menyampaikan ketentuan kepengurusan, kewajiban dan hak, capaian jumlah mahasiswa saat ini, serta target semester dan tahun depan, Diselingi dengan stand up comedi oleh salah satu mahasiswa UT, lalu dilanjutkan pemaparan materi oleh Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Yudith Frans, S.Sos., M.A. Salah satu yang disampaikan adalah dimungkinkan untuk melaksanakan Tutorial dengan 2 skema yaitu Tutorial Webinar atau Tutorial Tatap Muka (TTM). Jika TTM, maka wajib dilakukan oleh tutor dengan latar belakang S2 dengan pengalaman mengajar minimal 5 tahun untuk mata kuliah yang sama.

Sesi berikutnya adalah pemberian motivasi oleh Prof. M. Gorky Sembiring, Dosen FKIP UT, Anggota Senat UT, dengan sederet prestasi gemilang di antaranya pemegang 12 best paper awards, 59 sertifikat Kekayaan Intelektual, dan reviewer 6 jurnal internasional scopus (bereputasi). Prof Gorky membagikan kiat bagaimana cara UPBJJ bersinergi dengan Pengurus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Dimulai dengan menyusun rencana ke depan, yang meliputi 5 W (what, who, when, where, why) yaitu apa yang harus dilakukan, kapan, siapa saja yang perlu dihubungi, kapan dilaksanakan, dan bagaimana cara melakukannya. Rencana ini jika dilaksanakan, diharapkan akan meningkatkan capaian saat ini yang sekitar 10.000 mahasiswa, menjadi 15.000 mahasiswa di tahun 2025.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Manajer Registrasi dan Ujian (Regjian) Noveni M. Malle, S.Sos., M.A. Ibu Noveni menyampaikan informasi tentang batas alih kredit s.d. 27 Juli 2022, registrasi mahasiswa baru s.d. 16 Agustus 2022, dan infomasi lainnya.

Acara dilanjutkan presentasi Praktik Baik oleh Pengurus TTU 1 Petrus Pius Sadipun   (Registrasi, Bahan Ajar, Tutorial, Praktik Praktikum), Pengurus Ende 1 Sunyoto (Sosprom), Pengurus Sumba Tengah Meha U.R. Samapaty, S.P. (Kerjasama), dan Pengurus TTS Non Pendas Heidy Wulandari (Kemahasiswaan). Kemudian, Manajer Umum dan Keuangan Ansari Wahab, S.Sos. mengingatkan tentang Alokasi Wisuda sebanyak 80 lulusan, serta memperkenalkan 4 Pengurus Baru yaitu Raimunda Issa (Belu), Ahmad Peuohaq (Kedang), Agustinus Ulu Tukan (Waibalun), serta Matildis Levi Hinung (Ruteng 2).

Kegiatan dilanjutkan diskusi tanya jawab, yang dibuka dalam 2 termin. Setelah itu dilakukan Penanda tanganan PKS, dan dilanjutkan dengan tiktok berupa games yang melibatkan 15 Pengurus. Ai akhir kegiatan, dilakukan pembacaan doa oleh Pengurus Ende 1 Pak Sunyoto. Kegiatan berakhir Pk. 18.00 wita.

 

  Gambar 1. Direktur UT Kupang, Para Manajer, dan Staf Berfoto Bersama Ketua HIPMI Kota Kupang Yusak Victor Benu, S.E., M.M.

 

Gambar 2. Peserta Kegiatan Rapat Kerja Pengurus Pokjar UPBJJ-UT Kupang Tahun 2022

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp