Kegiatan Seminar Akademik Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) UPBJJ-UT Kupang Periode 2022.2

Saat ini Universitas Terbuka sedang bertransformasi dari Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Transformasi ini menunjukkan kesiapan UT untuk mendapatkan otonomi lebih luas dalam hal pengelolaan akademik dan keuangan. Adanya era disruptive innovative yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir yaitu gangguan invasi, terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, membuat semua pihak, organisasi, harus terus melakukan adaptasi dan penyesuaian agar tidak ketinggalan dan dapat terus berperan. Inovasi dipelukan agar dapat menjadi unggul dan mandiri. Unggul menunjukkan mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif, serta mandiri menunjukkan kemampuan diri yang tangguh. Hal inilah yang merupakan tema dalam Seminar Akademik yang merupakan rangkaian dalam Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) UPBJJ-UT Kupang Periode 2022.2, yaitu “Unggul dan Mandiri dalam Tatanan UT PTN-BH. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aston Kota Kupang pada hari Senin, 26 September 2022 pk. 09.00 s.d. 11.00 wita. Ada 2 orang pemateri dalam seminar ini, yaitu Pemateri 1 Pak Petrus Ratu Ile Tokan, M.Pd. yang merupakan guru dan penulis, dan Pemateri 2 Ibu Dr. Ucu Rahayu, M.Pd. yang merupakan Dekan FKIP Universitas Terbuka. Sebagai Moderator adalah Wise Rogate Silalahi, S.Hut., M.M. yang merupakan Dosen Fak. Ekonomi Universitas Terbuka.

Seminar Akademik dimulai pk. 09.00 wita. Pemateri 1 Pak Petrus mengawali dengan mengajak semua alumni untuk belajar sepanjang hayat, terus meningkatkan diri, menjaga nama baik UT sebagai almamater tercinta dengan cara berprestasi baik di pekerjaan. Langkah UT untuk bebenah meningkatkan diri, terus belajar, terbang tinggi dengan meningkatkan pelayanan menjadi PTN-BH, kiranya menjadi contoh, bahwa para alumni pun harus meningkatkan kapasitas, dan menjadi unggul dan mandiri. Karakter jujur, inovatif, adaptif, kooperatif, kolaboratif, adalah hal-hal yang harus dimiliki para alumni. Sementara itu Pemateri 2 Ibu Dr. Ucu Rahayu, M.Pd. mempresentasikan latar belakang UT menjadi PTN BH. Dinamika perkembangan teknologi yang terus berkembang di era disruptive inovative, membuat UT juga harus melakukan peningkatan kapasitas agar tetap dapat eksis dalam pemberian layanan yang terbaik ke masyarakat. Era keterbukaan, internasionalisasi, tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi, membuat masyarakat semakin kritis dalam merespon layanan, dan oleh karena itu setiap organisasi harus dapat menjawab tantangan dengan memberikan pelayanan prima sesuai kebutuhan masyarakat. Program studi yang dibutuhkan masyarakat, akses layanan ke seluruh lapisan masyarakat, pengelolaan keuangan yang lebih lincah sehingga mempercepat layanan, adalah hal yang menjadi kebutuhan. Bagi perguruan tinggi yang mampu memenuhi kapasitas tersebut, didorong untuk menjadi PTN-BH dengan berbagai manfaat yaitu otonomi dalam membuka/menutup program studi baru sesuai kebutuhan masyarakat, kemandirian pengelolaan keuangan, kerjasama internasional, pengelolaan SDM, Akreditasi internasional. Jika jumlah mahasiswa UT menjadi besar, akan menjadi kekuatan, dan harapan dapat menurunkan Uang Kuliah Tunggal, yang tentu saja memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Hal-hal inilah yang menjadi dasar transformasi UT menjadi PTN-BH. Alumni dapat berperan dengan menjaga nama baik UT melalui kinerjanya, yang menjadi citra kualitas UT. Perkembangan karir alumni juga dapat dilihat pada laman tracer study, sebagai dasar mengenai evaluasi kebermanfatan layanan pendidikan bagi perkembangan karir.

Presentasi dari para pemateri mendapat respon positif. Banyak alumni yang mengajukan pertanyaan. Namun karena dibatasi waktu, hanya 4 pertanyaan yang diberikan yaitu masing-masing 2 pertanyaan baik untuk Pemateri 1 maupun Pemateri 2. Di akhir seminar, Pak Wise sebagai Moderator memberi catatan, bahwa penting bagi alumni menjaga nama baik UT sebagai bentuk kecintaan terhadap almamater. Alumni dapat berperan sebagai agen sosprom ke masyarakat dan calon mahasiswa mengenai transformasi UT menjadi PTN-BH yang unggul dan mandiri.

Gambar 1. Pemateri 2 Dr. Ucu Rahayu, M.Pd. sedang mempresentasikanmateri

Gambar 2. Pemberian Cinderamata dari Ketua IKA UPBJJ-UT Kupangkepada Pemateri 2 Dr. Ucu Rahayu, M.Pd.

 

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

  Twitter