Pelaksanaan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Di Kabupaten Ende Periode 2022.2

Sesuai dengan aktifitas akademik mahasiswa per semester sebagaimana tertuang dalam kalender ademik, maka UPBJJ-UT Kupang melaksanakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) bagi mahasiswa baru Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada Periode 2022.2 pada tanggal 10 dan 11 September 2022. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah OSMB, PKBJJ, disertai Workshop Tugas (WT) dan Klinik Ujian (KU). OSMB dan PKBJJ dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022, sementara WT dan KU dilaksanakan pada hari Minggu 11 September 2022. Lokasi kegiatan adalah bertempat di SMA Katolik Frateran Ndao.  Tim UPBJJ UT Kupang terdiri dari Yusinta Natalia Fina, S.Sos., M.Si., dan Raden Sunarya.

Kegiatan berjalan lancar. Pada kegiatan OSMB, jumlah peserta yang hadir tercatat sebanyak 127 peserta, yang berasal dari kabupaten Ende, nagekeo, dan Ngada. Semua mengikuti OSMB dari awal. Pengurus Pokjar yaitu Pak Sunyoto dan Ibu Verawati juga turut hadir.  Pada kegiatan ini, mahasiswa diperkenalkan dengan sistem Pendidikan UT yaitu Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, berbagai layanan online yang dimiliki, ketentuan bantuan belajar dan Layanan Bahan Ajar, Ketentuan Registrasi dan Ujian, cara mengunduh bahan Ajar digital. Cara mengakses layanan tutorial online, pendaftaran akun ecampus, strategi belajar mandiri yang meliputi cara mengelola waktu, cara membaca cepat dan merekam hasil baca, dan lain-lain.

Pada hari ke-2, tanggal 11 September 2022, kegiatan yang dilakukan adalah WT dan KU, dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 119 mahasiewa yang berasal dari Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada. Pada kegiatan WT, mahasiswa diberikan penjelasan tentang tugas meliputi berbagai jenis tugas, penilaian dalam tugas, dan strategi untuk mendapat nilai tinggi pada tugas. Pada kegiatan KU, mahasiswa diberi penjelasan tentang ujian, meliputi pengertian ujian, hal-hal yang harus dipersiapkan, hal-hal yang harus diperhatikan, strategi untuk berhasil mengikuti UAS.

Mahasiswa mengikuti kegiatan OSMB, PKBJJ, WT, dan KU ini dengan baik. Dari kegiatan ini, diharapkan mahasiswa sudah lebih siap dan dalam mengikuti pembelajaran di UT, sehingga dapat memberikan hasil yang baik.

Gambar 1. Kegiatan OSMB Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada Periode 2022.2

Gambar 2. Kegiatan OSMB Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada

 

Gambar 3. Mahasiswa Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada sedang mengikuti Kegiatan PKBJJ

 

Gambar 4. Kegiatan Workshop Tugas untuk mahasiswa Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp