Pelaksanaan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Dikabupaten Timor Tengah Utara Periode 2022.2

Bagi mahasiswa baru, kebutuhan akan pengenalan sistem pendidikan, tata organisasi, proses pembelajaran, layanan akademik dan non akademik, adalah penting agar pada saat memulai aktifitas, sudah dapat mengikutinya sesuai dengan pola dan skema pembelajaran yang telah disiapkan. Dengan mengenal lebih dini ketentuan-ketentuan layanan pendidikan, maka mahasiswa diharapkan lebih siap, mengetahui apa saja yang dibutuhkan, sehingga bisa mengoptimalkan proses layanan pembelajaran. Pada sistem layanan akademik UT, kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dilaksanakan setiap semester, di mana pada masa registrasi 2022.2, jadwal kegiatan dirancang mulai tanggal 25 Juni s.d. 11 September 2022. OSMB ini digabungkan dengan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Dan sesuai dengan arahan dari Pimpinan UT, maka setelah OSMB dan PKBJJ, mahasiswa juga diberikan pembekalan Workshop Tugas (WT) dan Klinik Ujian (KU), agar mahasiswa segera mengenal lebih dini strategi menghadapi pembelajaran dan ujian.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, UPBJJ-UT Kupang melaksanakan kegiatan OSMB PKBJJ, WT, dan Tahap 1 yang dilaksanakan tanggal 10 dan 11 September 2022. Pada tahap 1 ini ada 4 Kabupaten yaitu Kota dan Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Ende.

Petugas dari UT Kupang untuk kegiatan OSMB, PKBJJ, WT, dan KU di Kabupaten TiTU berjumlah 4 orang yang terdiri dari Junus J. Beliu, S.Sos., M.Si., Wise Rogate Silalahi, S.Hut., M.M., Irna Karuniawati Nitbani, S.Kom., dan Felipus Kause. Jumlah peserta OSMB dan PKBJJ sebanyak 113 mahasiswa baik Program Pendas dan Non Pendas, bertempat di Aula Gereja Katolik Panggung Dekenat Kefamenanu. Sementara untuk WT dan KU, jumlah peserta seluruhnya sebanyak 105 mahasiswa, yang terbagi atas 3 Kelompok yaitu kelompok A dengan Pemateri Pak Junus J. Beliu, Kelompok B dengan Pemateri Irna Karuniawati Nitbani, serta Kelompok C dengan Pemateri Pak Wise Rogate Silalahi. Lokasi kegiatan WT dan KU adalah bertempat di SMK Swasta Kefamenanu. Dengan seragam putih hitam, mahasiswa kut mulai dari awal sampai akhir secara full. Jaringan internet yang baik di Kota Kefamenanu, ikut mendukung lancarnya kegiatan ini. Semua materi yang ada di OSMB, PKBJJ, WT, dan KU, telah disampaikan. Banyak manfaat telah diperoleh melalui kegiatan ini, Mahasiswa dapat mengunduh bahan ajar, mendaftar di akun admisi-sia.ut.ac.id, telah melakukan aktivasi tuton, memiliki akun ecampus, strategi belajar mandiri, meliputi cara mengelola waktu, membaca cepat, merekam hasil baca, strategi mengerjakan tugas, dan strategi mengerjakan UAS dengan hasil maksimal. Salah seorang peserta, di akhir kegiatan menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah diberikan pembekalan dengan berbagai pengenalan akan layanan-layanan yang tersedia.

Gambar 1. Kegatan Workshop Tugas di Kelompok A Kabupaten Timor Tengah Utara tanggal 11 September 2022

 

Gambar 2. Kegiatan Workshop Tugas di Kelompok B Kabupaten Timor Tengah Utara

Gambar 3. Kegiatan Klinik Ujian di Kelompok C Kabupaten Timor Tengah Utara

 

 

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

  Twitter