PELAKSANAAN OSMB DAN PKBJJ PERIODE 2022.1

Rabu, 23 Maret 2022 13:21 WITA
Penulis: Tim OSMB dan PKBJJ UPBJJ-UT Kupang

UPBJJ-UT Kupang baru saja melaksanakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Periode 2022.1 yang dilaksanakan dari tanggal 19 Maret 2022 untuk OSMB dan 20 s.d. 21 Maret 2022 untuk PKBJJ. Kegiatan ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui zoom. Jumlah seluruh mahasiswa baru pada Periode 2022.1 ini sebanyak 883 mahasiswa, dan dari jumlah tersebut, total keseluruhan mahasiswa yang mengikuti OSMB dan PKBJJ adalah sebanyak 648 mahasiswa. Setelah kegiatan inti OSMB di mana jumlah maksimal peserta per kelas untuk OSMB sebanyak 250 mahasiswa, dan PKBJJ sebanyak 80 mahasiswa, maka pembagian kelas dibagi menjadi 4 kelas (Room A s.d. D), baik untuk OSMB yang dilakukan dalam 1 sesi pada tanggal 19 Maret, maupun untuk PKBJJ yang dilakukan dalam 3 sesi yaitu pada tanggal 20 Maret pagi, 20 Maret siang, dan 21 Maret siang.

Materi OSMB dan PKBJJ adalah materi-materi yang sudah disiapkan, untuk memberikan pengenalan dan arahan bagi mahasiswa terntang berbagai hal meliputi pengenalan tentang UT, sistem Pendidikan di UT, Registrasi dan Ujian, Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, Pengenalan UT Online, Strategi Belajar Mandiri, dan materi lainnya. Materi ini juga dapat diakses mahasiswa melalui laman www.ut.ac.id. Penyajian materi OSMB dan PKBJJ ini dilakukan oleh Direktur UT Kupang, para Manajer, tenaga Dosen, Tenaga ICT, dan dibantu oleh para tenaga kependidikan.

  • OSMB

Sebanyak 648 mahasiswa hadir dalam OMB. Pada OSMB diberikan materi tentang pengenalan UT dan Sistem PTJJ,  Mengenal UPBJJ, Mengenal Fasilitas dan Mitra Layanan di UPBJJ, Ketentuan tentang Registrasi dan Ujian, Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, Kuliah Umum oleh Mahasiswa,Testimoni Alumni, serta materi Kiat Sukses Belajar di UT.

Pada pemaparan materinya, Direktur UT Kupang meminta mahasiswa untuk, memanfaatkan OSMB dan PKBJJ ini sebagai bekal mahasiswa mengikuti pendidikan di UT. Dengan mengenal UT, memahami sistem belajar UT, Struktur Organisasi, dan Kiat Sukses Belajar di UT, diharapkan mahasiswa sejak awal sudah mengetahui dan dapat menerapkan strategi belajar yang tepat, sehingga berhasil dalam pembelajaran di UT.

Manajer Registrasi dau Ujian (Regjian) memberikan materi tentang Registrasi dan Ujian, meliputi bagaimana mahasiswa dapat melakukan registrasi secara mandiri melalui registrasi online, menyiapkan berkas-berkas yang dipersyaratkan, penjelasan tentang ketentuan pelaksanaan ujian, meliputi tata tertib, jadwal ujian, hasil ujian, dan lain-lain. Manajer Regjian juga memberikan materi tentang sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), yaitu biaya registrasi yang dilakukan bersifat tunggal dan meliputi berbagai aspek layanan meliputi registrasi, penerimaan bahan ajar, layanan tutorial, praktik, praktikum, ujian, penerimaan hasil ujian, dan sampai kepada pelaksanaan Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah.

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) memberikan informasi tentang jenis-jenis bantuan belajar meliputi Tutorial Webinar, Tutorial Online, Tugas Mata Kuliah, Praktik/Prakikum, juga layanan Bahan Ajar, dan kemahasiswaan.  Mahasiswa disarankan memanfaatkan layanan bantuan belajar ini karena bermanfaat dalam memperkuat pemahaman belajar dan penguasaan kompetensi akan materi pada Buku Materi Pokok (BMP).

Manajer Umum dan Keuangan memberikan informasi tentang informasi lulusan dan syarat lulus. Mahasiswa dapat melihat informasi kelulusan pada laman aksi.ut.ac.id.

Pemaparan materi oleh mahasiswa UT adalah materi tentang Design Thinking oleh Richmond Faithful. Pada materi ini, mahasiswa dijelaskan tentang konsep cara berpikir kreatif untuk mencari solusi atas berbagai kendala atau hambatan yang dihadapi.

  • PKBJJ

Pada PKBJJ, materi yang diberikan meliputi Keterampilan Mengelola Waktu, Cara Tepat Membaca dan Merekam Hasil Baca, Cara Tepat Mempersiapkan Diri Mengikuti UAS, Kita Sukses Mengikuti Tutorial Online (Tuton), dan Marilah Mengakses UT Online.

Materi PKBJJ ini berupa materi pelatihan praktik atas materi dan konsep-konsep yang diberikan pada OSMB. Pelatihan yang diberikan adalah bagaimana membuat jadwal belajar, bagaimana strategi membaca efektif, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi UAS, cara-cara mengakses dan mengikuti Tuton. Kemudian mahasiswa juga diberikan pelatihan untuk mengenal UT Online, meliput Cara Mengakses website UT, Membaca Katalog, Kalender Akademik, Melakukan Registrasi, Panduan UT meliputi Kit Mahasiswa, Layanan Online meliputi Latihan Mandiri Online, Tutorial Online, Perpustakaan Digital, Cara Mengunduh Bahan Ajar Digital, Membuat Email ecampus, dan Memanfaatkan wifi id.

Banyak fasilitas yang diberikan untuk membantu mahasiswa. Melalui bahan ajar digital, mahasiswa dapat membaca modul pada hand phone android. Fasilitas email ecampus yang diberikan, adalah Kerjasama UT dengan Microsoft, yaitu berupa pemberian  layanan email account gratis berkapasitas 50 GB, serta kapasitas OneDrive senesar 1 TB, yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran selama mengikuti Pendidikan di UT. Mahasiswa juga dikenalkan cara melakukan tracking bahan ajar, untuk mengetahui posisi bahan ajar, layanan wifi id yaitu layanan UT yang bekerjasama dengan Telkom, berupa wifi gratis pada lokasi yang ada area wifi id.

Berbagai fasilitas ini telah disampaikan dan dijelaskan pada OSMB dan PKBJJ. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk mendukung keberhasilan belajar mahasiswa di UT.

g1_1.jpg

g2.jpg

Gambar 1. Pemaparan Materi Oleh Direktur UT Kupang Pada Kegiatan OSMB 

 

g3.jpg

Gambar 2. Mahasiswa Sedang Mengikuti Kegiatan OSMB

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp