Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka/Webinar Periode 2022.2

Dalam upaya memberikan penjelasan tentang tugas dan peran tutor, serta pelatihan kepada para tutor agar memiliki keterampilan sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan, maka UPBJJ-UT Kupang melaksanakan kegiatan Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka/Tuweb Periode 2022.2. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 16 s.d. 18 September 2022, bertempat di Hotel On The Rock di Kota Kupang. Ini adalah kegiatan pelatihan secara dalam jaringan (daring) pertama yang dilakukan sejak tahun 2019, setelah melewati masa Pandemi Covid 19 pada tahun 2022 dan 2021. Pada kegiatan Pelatihan tutor ini, Instruktur adalah dari UT Pusat yaitu Dr. Trini Prastati, M.Pd. dan Dra. Marisa, M.Pd. Sedangkan sebagai Fasilitator adalah para Dosen UPBJJ-UT Kupang yaitu Pak Drs. Yos Sudarso, M.Pd., Ibu Yudtih Alexanderina Frans. S.Sos., M.A., Ibu Noveni Marlina Malle, S.Sos., M.A., Ibu Bulkis, S.T.P., M.Si., Ibu Imelda Paulina Soko, S.Pd., M.Pd., dan Wise Rogate Silalahi, S.Hut. M.M. Jumlah peserta tutor yang ikut adalah 27 dari total 30 peserta. Peserta yang hadir Sebagian besar dari daratan Pulau Timor. Disamping itu, ada juga tutor yang berasal dari daerah lain yaitu dari Sumba Timur serta Flores Timur.

Pada kegiatan pelatihan tutor ini, para tutor dijelaskan tentang konsep tutorial sebagai bagian sistem Pendidikan terbuka dan jarak jauh di UT, tugas dan peran tutor, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tutorial. Di akhir sesi, para tutor ditugaskan melaksanakan kegiatan tutorial secara mini, untuk melihat penerapan praktik atas materi pelatihan yang telah diberikan. Adapun materi pelatihan pada hari pertma meliputi Penjelasan tentang kegiatan pelatihan tutor, Strategi Belajar Mandiri, Pengenalan Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Pengenalan Satuan Acara Tutorial (SAT), Keterampilan Dasar Tutorial, Pembelajaran Aktif dan Ragam Metode Pembelajaran, Tugas dan Perencanaan Tugas Tutorial. Sedangkan pada hari ke-2 meliputi: Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi dan Pemanfaatan Sumber Belajar,Panduan Praktik Tutorial Mini, Persiapan Praktik Tutorial Mini oleh Peserta: dan Mempersiapkan SAT untuk Praktik Tutorial Mini, Praktik Tutorial Mini, dan Penutupan

Untuk pembagian kelompok praktik Tutorial Mini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing dengan Fasilitator Ibu Noveni M. Malle, S.Sos., M.A., Ibu Bulkis, S.T.P., M.Si., Pak Wise Rogate Silalahi, S.Hut., M.M, dan Ibu Imelda Paulina Soko, S.Pd., M.Pd.

Para peserta mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan ini. Hal ini disampaikan oleh perwakilan peserta a.n. Vonny Messakh dan Drs. Abdurahman Ato, M.Pd. Pak Yos selaku Direktur UT Kupang, dalam sambutannya saat menutup kegiatan ini, berpesan agar para tutor memanfaatkan pelatihan tutor ini pada saat memberikan tutorial ini. Diharapkan melalui pelatihan ini, tutor dapat memaksimalkan perannya sehingga kompetensi mahasiswa menjadi meningkat.  Intruktur dan peserta kemudian melakukan check out pada hari ke-3 tanggal 18 September 2022.

Gambar 1. Instruktur Dr. Trini Prastati, M.Pd. sedang mempresentasikan materi.

Gambar 2. Kegiatan Praktik Tutorial Mini Kelompok 1

Gambar 3. Kegiatan Praktik Tutorial Mini Kelompok 2

Gambar 4. Kegiatan Praktik Tutorial Mini Kelompok 3

Gambar 5. Kegiatan Praktik Tutorial Mini Kelompok 4

Gambar 6. Direktur UT Kupang sedang menyampaikan arahan pada Penutupan Pelatihan Tutor

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp