PEMBEKALAN TUTORIAL BAGI TUTOR PERIODE 2022.1*

Dalam rangka untuk memberikan penjelasan mengenai ketentuan tentang pelaksanaan tutorial, serta tugas dan peran tutor, maka UPBJJ-UT Kupang melaksanakan kegiatan Pembekalan Tutor untuk Periode 2022.1 pada hari Kamis 31 Maret 2022 yang dimulai pk. 14.00 Wita. Kegiatan pembekalan ini diberikan kepada para tutor Tutorial Webinar (Tuweb) yang merupakan pengganti Tutorial Tatap Muka (TTM) sebagai layanan Tutorial untuk mata kuliah berkode T, baik bagi mahasiswa Program Pendidiklan Dasar maupun Non Pendidikan Dasar. Kegiatan pembekalan ini rutin dilakukan tiap semester sebelum kegiatan Tuweb dilakukan, sebagai bagian dari penyampaian tentang ketentuan tutorial, penjelasan tentanng tugas dan peran tutor, serta diskusi melalui evaluasi hasil peklaksnaan tutorial semester sebelumnya, untuk perbaikan berkalanjutan. Peserta yang diikutkan dalam kegiatan pembekalan ini adalah semua tutor yang terlibat di Tuweb 2022 sebanyak 151 tutor yang berada dari berbagai Provinsi di antaranya Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan  lain-lain. Disamping para tutor, kegiatan pembekalan ini juga diikuti oleh para Penangung Jawab Wilayah yang ikut dalam mendanpingi selama kegiatan ini berlangsung.

Kegiatan diawali dengan penjelasan sekaligus membuka kegiatan yang dilakukan oleh Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. Pada pemaparannya, Pak Yos meminta para tutor untuk mendidik juga mahasiswa agar memiliki kemandirian, sesuai dengan sistem penddidikan terbuka dan jarak jauh.

Penyampaian materi dilakukan oleh Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Yudith Alexaderina Frans, S.Sos., M.A., dan Penanggung Jawab Tutorial yang juga Penanggungjawab Wilayah Kabupaten Alor Bulkis, S,T.P., M.Si. Disamping pemaparan materi tentang tuweb, juga dilakukan simulasi penggunaan laman Learning Management System (LMS), serta laman-laman lain yang akan digunakan oleh tutor di antaranya tutorial.ut.ac.id serta praktik.ut.ac.id bagi mata kuliah praktik/berpraktik/praktikum. Dalam pemaparannya, Manajer BBLBA Ibu Yudith mengingatkan tutor agar disamping memberikan layanan tutorial sesuai dengan keahlian yang dimiliki, namun yang juga penting adalah kelengkapan dokumen dalam proses tutorial yang wajib dipenuhi, sebagai bagian dari pemenuhan kualitas  pembelajaran yang telah ditentukan. 

Pada pembekalan ini, dilakukan diskusi yaitu sharing informasi hasil pelaksanaan tutorial semester lalu. Ikut membagikan pengalamannya adalah tutor a.n. Bronto Asmoro, S.Pd., M.Pd. dan Ahmad, S.Pd., MPd.

Kegiatan pembekalan berakhir pk. 16.30 wita, dan ditutup langsung oleh Direktur UT Kupang.

*: Oleh: Yudith Alexanderina Frans dan Bulkis

pembekalan2.png

 

Gambar 1. Direktur UT Kupang Sedang Memberikan Sambutan dan Membuka Kegiatan Pembekalan Tutorial Bagi Tutor

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp