Perayaan Dies Natalis Universitas Terbuka ke-38 Lingkungan UPBJJ-UT Kupang

Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) yang dirayakan setiap tanggal 4 September, pada tahun 2022 ini telah memasuki usia 38 tahun. Suatu usia yang matang. Dengan sebaran layanan yang terdapat di seluruh Indonesia dan juga tersebar di 50 negara di dunia, UT yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Indonesia dalam jumlah mahasiswa, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, untuk menjangkau yang tidak terjangkau. Beberapa rekor pada Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yang diperoleh UT, merupakan bukti capaian-capaian UT selama ini. Dengan Program Studi yang terdapat pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE), serta Program Pasasarjana (PPs), jenjang Pendidikan yang ada di UT tersebar lengkap meliputi Diploma, Sarjana, Pascasarjana S2 maupun S3.

Sebagai ungkapan syukur atas usia yang telah memasuki 38 tahun, kegiatan Dies Natalis UT dirayakan secara meriah, termasuk juga yang dilakukan oleh UPBJJ-UT Kupang, yang dilakukan secara luar jaringan (luring) pada hari Jumat tanggal 2 September 2022, dan secara dalam jaringan (daring) pada hari Minggu tanggal 4 September 2022 yaitu Puncak Acara Dies Natalis UT yang diselenggarakan di UT Convention Center (UTCC) yang berlokasi di Kampus UT Tangerang Selatan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk menambah semarak kegiatan. Jalan santai seputar area Kota Kupang, Senam Zumba bersama dengan Instruktur Karin Wongso dan Tim, sampai aneka perlombaan permainan berkelompok mewarnai kegiatan Dies Natalis yang dilakukan pada hari Jumat, 2 September 2022. Kegiatan ini diikuti oleh segenap pegawai, para mahasiswa, dan juga para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni UPBJJ-UT Kupang. Manajer Umum dan Keuangan Ansari Wahab, S.Sos. menyatakan berbagai kegiatan yang dilakukan ini adalah wujud kebersamaan UT dengan mahasiswa dan alumni – sebagai civitas akademika - yang memiliki semangat gotong royong, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar kampus.

Menang dan kalah bukanlah hal yang utama dari kegiatan ini, tetapi bagaimana membangun kekompakan tim dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Permainan membuka tali yang terikat misalnya, adalah contoh bagaimana kerjasama, kesabaran, dan semangat juang dalam mengatasi kendala. Relevansinya adalah dalam kenyataannya saat bekerja akan ada kendala, dan penting  untuk tetap bersemangat dan saling bahu membahu untuk mengatasinya.

Rangkaian kegiatan Dies berikutnya adalah Puncak Acara Dies Natalis yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 4 September 2022 secara daring dari UT Pusat. Salah satu acara dalam Puncak Dies adalah pengumuman hasil lomba, di mana pada salah satu lomba yang diikuti oleh mahasiswa UPBJJ-UT Kupang yaitu Lomba Menyanyi Solo Putri, peserta a.n. Chaterina Novemilia Setia Djaga Kota, berhasil meraih Juara 2. Pada acara sambutan-sambutan, salah satu di antaranya sambutan Ketua MPR RI Bapak H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. Beliau mengucapkan Selamat atas Ulang Tahun UT yang ke-38. Beliau menyampaikan harapannya, agar UT terus berupaya untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada para mahasiswa. Jumlah beasiswa agar diupayakan terus meningkat, misalnya dari 5.000 orang, menjadi 10.000, 20.000, dan seterusnya, agar masyarakat yang terkendala dengan masalah ekonomi karena biaya kuliah, biaya transportasi, sewa kos, dan lain-lain, tetap dapat ikut kuliah melalui UT. Lebih lanjut, Ketua MPR juga menyampaikan harapannya agar perguruan tinggi memiliki kedekatan dengan rakyat, dan tidak menjadi menara gading. Setelah itu, acara berikutnya adalah penyampaian ucapan selamat dari berbagai mitra UT, di antaranya Perguruan Tinggi Terbuka dari negara sahabat yaitu China, Malaysia, Vietnam, serta dari bank-bank mitra seperti Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI.

Gambar 1. Para Pegawai UPBJJ-UT Kupang bersama Mahasiswa dan Alumni melakukan Jalan Santai di Area Kota Kupang

 

Gambar 2. Bersama-sama melakukan Senam Zumba

 

Gambar 3. Para Pegawai, Mahasiswa, dan Alumni bersama-sama dalam Permainan Melepas Tali

Gambar 4. Para Pegawai sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya pada Acara Puncak Dies Natalis UT ke-38

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

  Twitter