PKM Dosen Usaha Tani Makadamia di Kabupaten Kupang

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen UPBJJ-UT Kupang Kelompok Makadamia Tahun 2022, beberapa hari lalu yaitu pada hari Jumat, 26 Agustus 2022, melakukan kegiatan pembimbingan dan pendampingan kepada mitra yaitu Kelompok Tani Makadamia, bertempat di Kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen UPBJJ-UT Kupang disertai rombongan yang meliputi 3 orang mahasiswa Kabupaten Kupang, serta 2 orang Pengurus Pokjar Kupang Timur Kabupaten Kupang. Para Dosen yang tergabung dalam kelompok PkM Makadamia di antaranya adalah Wise Rogate Silalahi, S.Hut., M.M. (Ketua), Drs. Yos Sudarso, M.Pd., Yusinta Natalia Fina, S.Sos., M.A., Imelda Paulina Soko, S.Pd., M.Pd., dan Noveni Marlina Malle, S.Sos., M.A. Sebelum kegiatan, rombongan Tim PkM bertemu dengan Lurah Kelurahan Buraen Pak Johanis Nomeni berserta Ketua Kelompok Tani Makadamia Pak Simon Iskandar Menggua. Pada pertemuan ini, Pak Lurah menyampaikan pesan agar Tim PkM disamping memberikan pendampingan, juga diharapkan bantuannya untuk mempromosikan produk yang dihasilkan, baik bibit Makadamia siap tanam, maupun kacang Makadamia. Tim UPBJJ menyatakan bahwa Program PkM ini memang ditujukan untuk membantu pemasaran produk, dan juga kemudian memberikan bantuan berupa penggembangan usaha lahan.                                                                                                                                                                               

Kemudian Tim PkM dan rombongan melanjutkan kunjungan ke lokasi Kelompok Tani Makadamia. Di sini telah berkumpul para petani. Pada pertemuan ini Tim PkM memberikan penjelasan tentang proses pemanenan produk, penyimpanan, pengolahan sederhana, pengemasan produk untuk siap dijual, dengan memperhatikan higienis, dan estetika. Setelah itu tim menyerahkan bantuan berupa 1 unit Timbangan Dial Spring Scale ukuran 20 kg, 2 roll plastik Vacuum Bag Roll @ 28 cm x 5 m, dan 1 unit Vacuum Sealer Stainnless Steel. Timbangan dimaksudkan agar ukuran produk lebih presisi. Vacuum Bag Roll adalah plastik tempat kemasan dari produk kacang yang akan dijual sesuai dengan rencana ukuran penjualan produk, apakah dalam ukuran 0,5 kg, 1 kg, 2 kg, dan lain-lain. Sedangkan Vacuum Sealer dimaksudkan agar produk dalam kemasan plastik menjadi format vacuum tanpa udara sehingga lebih awet, dapat memperpanjang usia produk, menjaga kualitas produk tanpa merubah mutu, yaitu tidak cepat kadaluarsa. Tim PkM kemudian memperagakan cara pemakaian, dan meminta salah seorang dari Kelompok Tani Makadamia untuk mencoba, mempraktikkan paket pengemasan yang kedap air dan higienis.  Hasilnya berupa  kemasan 1 Kacang Macadamia berkemasan vacuum berukuran 1 kg sebanyak 2 buah. Kacang vacuum ini siap dijual dengan harga Rp 220.000,00 per kg. Disamping itu ada juga dibuat dalam kemasan vacuum yaitu produk isi kacang (sudah kupas kukit) berukuran 1 ons sebanyak 1 buah. Disamping itu, untuk memberikan nilai tambah dan harga jual produk, Tim PkM meminta kelompok tani untuk mencoba mengembangkan berbagai variasi olahan, baik dalam bentuk olahan goreng, sambal, tumbuk, dan lain-lain. Mengenai produk lain yaitu bibit Makadamia, Tim PkM menyatakan bibit sudah baik, dan siap untuk dipasarkan. Harga bibit Makadamia yang siap dijual adalah sebesar Rp 25.000,00/polybag.

Tim PkM mendorong kelompok tani untuk memasarkan produk dalam bentuk yang sudah di vacuum. Para mahasiswa dan Pengurus Pokjar Kupang Timur yang ikut dalam kegiatan ini, mengharapkan kelompok tani dapat memanfaatkan alat yang diberikan, guna menghasilkan produk yang baik untuk dipasarkan. Mahasiswa dan pengurus pokjar juga menyatakan siap membantu mempromosikan produk berupa kacang maupun bibit tanaman Makadamia yang dihasilkan. Kelompok tani menyatakan kegembirannya, dan akan melanjukan pengemasan. Kelompak tani kemudian meminta bantuan Tim PkM UPBJJ-UT Kupang untuk mempromosikan dan memasarkan produk Kacang Makadamia hasil jualannya dan juga bibit tanaman. Kelompok tani menyatakan siap dan akan mencoba membuat berbagai produk variasi olahan kacang, sebagaimana saran dari Tim PkM.

Gambar 1. Tim PkM UPBJJ-UT Kupang berfoto bersama Lurah Buraen,Kelompok Tani Makadamia, Pengurus Kupang Timur, dan mahasiswa

 

Gambar2. Serah Terima Bantuan Alat  Dari Tim PkM UPBJJ-UT Kupang ke Ketua Kelompok Tani Makadamia

Gambar 3. Berfoto Bersama dengan Produk Kacang Makadamia dan Alat Yang Digunakan

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

  Twitter