KEGIATAN WORKSHOP TUGAS PERIODE 2022.1*

Memasuki Bulan Mei 2022 ini, kegiatan layanan bantuan belajar sudah berada pada pertengahan kegiatan, dan mahasiswa sudah mulai mendapatkan tugas yang harus dikerjakan sebagai bagian dari proses pembelajaran yang diberikan tutor dan atau tim penguji. Pemberian tugas dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan mahasiswa atas materi pembelajaran yang didapat selama ini. Untuk membantu mahasiswa dalam proses pengerjaan tugas, UPBJJ-UT Kupang melaksanakan kegiatan Workshop Tugas. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap semester, khususnya bagi mahasiswa baru yang mengikuti sistem pembelajaran di UT, sehingga menjadi bekal mengenai apa saja yang harus dipersiapkan terkait materi tugas yang diberikan. Kegiatan Workshop Tugas UPBJJ Kupang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis, 18 s.d 19 Mei 2022.

Kegiatan Workshop Tugas pada Periode 2022.1 ini dilakukan secara daring melalui zoon. Berbagai layanan bantuan belajar yang diberikan pada mahasiswa, meliputi Tutorial Webinar (Tuweb), Tutorial Online, Tugas Mata Kuliah (TMK) masing-masing memeiliki Tugas yang diberikan untuk dikerjakan mahasiswa. Pada layanan Tutorial, tugas terbagi 2 yaitu tugas partisipasi dan tugas wajib. Tugas partisipasi adalah tugas yang diberikan di setiap pertemuan tutorial, untuk mengukur keaktifan mahasiswa, yang didapat pada saat sesi diskusi, ketika mengerjakan latihan, menjawab pertanyaan dari mahasiswa lain. Sedangkan Tugas wajib lebih komprehensif dan ada 3 tugas yaitu Tugas 1, 2, dan 3. Disamping Tuweb dan Tuton, 3 Tugas juga terdapat pada TMK. Kontribusi tugas dalam layanan bantuan belajar cukup besar. Komponen penilaian lainnya adalah Ujian Akhir Semester (UAS).

Kegiatan Workshop Tugas dimulai Pk. 13.00 wita, dibuka oleh Direktur UT Kupang. Dalam pemaparannya dan sekaligus membuka kegiatan ini, Direktur UT Kupang meminta mahasiswa untuk menafaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, agar dapat mengerjakan tugas dengan baik, dengan harapan memperoleh hasil maksimal. Disamping peningkatan kompetensi, yang juga penting adalah kepemilikan sikap yang berintegritas, menjaga nilai-nilai kejujuran akademik, dan menghindari plagiasi. Hal inilah juga yang ditekankan pada Workshop Tugas. Materi diberikan meliputi: Integritas Akademik, Pengantar Umum Bentuk Tugas, TMK, Partisipasi dan Tugas Tuweb, Partisipasi dan Tugas Tuton, Praktik/Praktikum, dan Karya Ilmiah.

Kegiatan Workshop Tugas selama 2 hari ini dikuti oleh 228 mahasiswa baru. Pada hari ke-1 tanggal 18 Mei 2022, pembagian kelas dibagi menjadi 4 kelompok yang secara paralel melakukan pemaparan materi ke masing-masing kelas. Untuk hari ke-2 tanggal 19 Mei 2022, peserta dibagi menjadi 2 kelas Materi Workshop disajikan oleh para Dosen UPBJJ. Dalam sesi Diskusi, beberapa pertanyaan dari mahasiswa di antaranya adalah: kontribusi nilai tugas dalam Tuweb atau Tuton, cara memperbaki nilai Diskusi dan Tugas pada Tuton. Pertanya\an-pertanyaan tersebut telah dijawab oleh para pemateri. Kegiatan Workshop Tugas ini berakhir Pk. 17.00 wita.

 

*: Yudith A. Frans dan Wise Rogate

 

wt1.jpg

Gambar 1. Pembukaan Workshop Tugas Hari ke-1 Tanggal 18 Mei 2022 Oleh Direktur UT Kupang

wt2.jpg

 

Gambar 2. Kegiatan Workshop Tugas Pada Hari ke-2 Tanggal 19 Mei 2022

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp