Kegiatan Pembekalan Tutor Periode 2023.1

Sebagai persiapan dalam pelaksanaan kegiatan tutorial webinar (tuweb) Periode 2023.1 yang akan dimulai pada bulan April 2023 ini, maka untuk memberikan penjelasan akan tugas dan peran tutor, UPBJJ UT Kupang menyelengarakan kegiatan Pembekalan Tutor pada hari Selasa, 4 April 2023, yang dimulai dari Pk. 13.00 wita. Kegiatan dilakukan secara dalam jaringan melalui Microsoft Teams. Peserta dalam pertemuan ini adalah para tutor dan para Penanggung Jawab Wilayah (PJW) dari UPBJJ-UT Kupang.

Kegiatan diawali dengan penyapaan dari Ibu Imelda Paulina Soko, S.Pd., M.Pd., yang menjadi Host atau Moderator dari kegiatan ini. Ibu Imelda – yang juga merupakan Penanggung Jawab Tutorial dan Penanggung Jawab Wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara, menyampaikan bahwa kegiatan Pembekalan Tutor adalah rutin dilakukan oleh UPBJJ-UT Kupang sebelum memulai tutorial, sebagai wadah untuk penyampaian kebijakan terbaru tentang tutorial, penyegaran bagi tutor yang sebelumnya sudah terlibat, serta sebagai upaya penyampaian evaluasi pelaksanaan tutorial untuk peningkatan layanan. Para tutor yang direkrut semester ini, ada yang sudah beberapa kali terlibat sebagai tutor, dan ada juga yang baru pertama kali bergabung. Setelah penyapaan, kegiatan  dilanjutkan dengan pembukaan oleh Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. Dalam sambuatn pembukaannya, Pak Direktur menekankan akan pentingnya peran tutor untuk memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa. Pemberian bimbingan dan motivasi adalah penting, agar kesulitan belajar mahasiswa dapat teratasi, dan mahasiswa memiliki motivasi serta kemandirian dalam belajar, dengan  harapoan untuk dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Kemudian Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Ibu Yudith Alexanderina Frans, S.Sos., M.A., menyampaikan materi yang meliputi persyaratan menjadi tutor, kemudian tugas tutor, laman-laman kegiatan tutorial, hasil evaluasi kegiatan tutorial semester lalu, dan lain-lain. Evaluasi tutorial di antaranya bahwa masih ada tutor yang pada semester lalu melakukan perubahan jadwal tanpa menginformasikan terlebih dahulu ke para PJW, yang mengakibatkan mahasiswa terlambat mengetahui sehingga jumlah kehadiran peserta menjadi rendah. Disamping itu masih ada tutor yang ketika memberikan tutorial, tidak melengkapi dengan bahan presentasi dan hanya berceramah. Mengingat mahasiswa UT Kupang memiliki keragaman dalam karakteristiknya, hal ini akan menyulitkan bagi mahasiswa yang sudah berumur, yang membutuhkan bahan presentasi untuk memudahkan pemahaman materi. Masih ada juga tutor yang pada saat tutorial tidak menggunakan komputer PC atau laptop tetapi menggunakan HP. Hal ini akan menyulitkan karena HP memiliki keterbatasan meliputi kendala dalam menampilkan bahan presentasi, kurang dapat melakukan pemantauan terhadap keseluruhan peserta tutorial. Diharapkan hal-hal ini dapat tidak dilakukan pada semester ini. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab

Pada tutor mengikuti kegiatan diskusi tanya jawab secara aktif. Jumlah peserta pada kegiatan Pembekalan Tuto ini sebanyak 95 orang, yang terdiri dari peserta tutor sebanyak 74 orang dan  peserta dari UPBJJ-UT Kupang berjumlah 21 orang. Kegiatan Pembekalan Tutor ini berjalan dengan lancar. Di akhir sesi, Ibu Imelda mengatakan bahwa hasil kegiatan Pembekalan Tutor ini juga akan disampaikan pada kegiatan Pembekalan Tutorial kepada Mahasiswa, yang direcanakan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 April 2023. Kegiatan Pembekalan Tutor ini berakhir pada pukul 15.10 wita.

                                                                                                              Gambar 1. Penyapaan Peserta Kegiatan Pembekalan Tutor oleh Moderator Webinar

                                                                                                                   Gambar 2. Pembukaan kegiatan Pembekalan Tutor oleh Direktur UT Kupang

                                                                                                                 Gambar 3. Pemaparan Materi oleh Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar

ALAMAT KANTOR

Jl. Pulau Indah No. 6 Oesapa Barat,
Kupang 85228 
Telp. 0380 - 833038
Fax. 0380 - 8553813
Whatsapp. 081339672079
e-Mail. ut-kupang @ ecampus.ut.ac.id

PELAYANAN ONLINE

Surat Keterangan Aktif Kuliah

UT TV

UT Radio

pustaka.ut.ac.id

MEDIA SOSIAL

    Instagram

Facebook

   YouTube

Tiktok

  Whatsapp